Indro Harjodikoro

Indro Hardjodikoro (lahir di Jakarta, Indonesia, 14 Desember 1968; umur 49 tahun; biasa dipanggil dengan nama Indro) adalah seorang pemain bass berkebangsaan Indonesia. Pemain bass dengan segudang pengalaman ini mulai dikenal masyarakat luas di saat dia bergabung bersama grup musik Halmahera pada acara Gita Remaja TVRI di era 90an. Indro yang berdarah Jawa ini mulai berminat bermain musik sejak dia masih kanak kanak.

Ketika anak-anak seusianya sedang asyik bermain, Indro yang masih duduk di bangku kelas 3 SD sudah banyak menghabiskan waktunya untuk memperhatikan musik, Kebetulan di sekolahnya sering diadakan kegiatan ektra kurikuler vokal group. Karena ketertarikannya pada musik menginjak kelas 5 SD Indro sudah memberanikan diri untuk bergabung bermain perkusi, kadang ikut serta bernyanyi atau sesekali juga bermain harmonika dalam vokal grup tersebut.Menginjak SMP Indro mulai tertarik untuk bermain gitar dan mulai mempelajarinya secara otodidak. Di bangku SMP ini juga Indro mulai banyak bermain musik dengan teman-teman sebayanya.Kemudian menginjak SMA Indro mulai tertarik bermain bass, terinpirasi oleh kakaknya Manto dan akhirnya bass ini juga lah yang membuat Indro menjadi musisi profesional seperti sekarang.

Selepas SMA Indro bertemu Tohpati pada PMMC (Yamaha), salah satu ajang pencarian bakat-bakat musik di saat itu. Dari pertemuan itu Akhirnya Indro diajak bergabung oleh Tohpati dalam Halmahera band. Halmahera sendiri memiliki gaya musik yang memiliki unsur perpaduan antar etnik Indonesia dan Fushion Jazz.Bersyukur Indro mulai bermain rutin untuk satu acara TVRI yang berjudul Gita Remaja. Namun Indro yang berjiwa petualang tak cukup puas hingga di situ, di saat yang bersamaan dia pun juga sering mencoba untuk bermain di kafe. Hingga suatu waktu bertemu Maryono (pemain Saxophone), Indro mulai lebih mendalami jazz pada khusunya swing dan banyak bergaul dengan musisi Jazz senior lainnya seperti Ireng Maulana, Embong Rahardjo, Cendi Luntungan, Oele Patiselano, Dewa Budjana dan mulai banyak bermain dengan mereka dari panggung ke pangung jazz tanah air.

Pada tahun 1995 Indro mulai terjun bermain Jazz pada acara Jak Jazz bersama Maryono Quintet. Pada tahun 1997 Indro mendapat kepercayaan untuk mengiringi Eric Merienthal, Warren Wiebe pada tur-turnya di Indonesia. Setelah itu Indro juga masih sering terlibat dalam banyak acara jazz seperti mengiringi Kenny Garret, Michael Colina, Dave Koz, Michael Lington dan lain-lain. Tampil pada acara-acara jazz tanah air seperti Java Jazz, Jak Jazz, Ngayogjazz, Jazz Goes to Campuss dan banyak lagi dari tahun 1998 hingga sekarang.